Welcome to our site

welcome text --- Nam sed nisl justo. Duis ornare nulla at lectus varius sodales quis non eros. Proin sollicitudin tincidunt augue eu pharetra. Nulla nec magna mi, eget volutpat augue. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos. Integer tincidunt iaculis risus, non placerat arcu molestie in.

Layanan Internet

Rabu, 27 Februari 2013


1.     World Wide Web ( WWW )

            Aplikasi (WWW) ini banyak diminati oleh banyak kalangan, salah satunya yaitu pelajar.  Karena di dalamnya menyediakan dalam bentuk teks, gambar, animasi, audio, ataupun video. 


2.     E-mail

            E-mail merupakan singkatan dari Electronic Mail. Layanan internet ini berupa pengiriman dan penerimaan surat melalui computer dengan menggunakan jaringan internet. Serta, layanan ini banyak untuk kalangan bisnis/penjual. Karena lebih hemat, biaya murah, dikirim ke beberapa penerima dalam jumlah yg banyak, sert dapat menyajikan dalam bentuk teks, gambar, audio, ataupun video.
            Layanan ini, berupa :
a)     Post Office Protocol (POP) mail.
b)    Webmail.
c)     Email forwarding.

(ringkasan, dari LKS kelas 9, bab 5)

 


3.     Mailing List ( milis )

            yaitu, sebuah grup yang beranggotakan alamat-alamat E-mail. Contoh salah satu layanannya yaitu ( groups.yahoo.com )
            Di milis ini terdapat Moderator ( bertugas menerima anggota baru, mengatur pesan yang masuk, dan memilih pesan yang akan ditampilkan). Dengan adanya moderator tersebut, milis di bagi 2. Yaitu.
a.  Moderated Mailing List ( artinya, semua pesan yang masuk diperiksa oleh moderator sebelum disebarkan. Jadi belem tentu pesan yang masuk dapat dikirim, karena tergantung dari pertimbsngsn moderator. )

b.   Unmoderated Mailing List ( artinya, pada jenis ini tidak ada yang namanya moderator. Jadi, pesan yang masuk akan langsung didistribusikan. )


4.     Newsgroup

            merupakan layanan informasi di internet yang menyerupai milis namun, bedanya kalau newsgroup tidak harus memiliki E-mail.
            Newsgroup dioperasikan oleh Network News Transfer Protocol ( NNTP ). Untuk menggunakan layanan internet ini memerlukan aplikasi Newsreader Newsgroup pada Netscape, Xnews, dan Nwesfetch.

5.     File Transfer Protocol

            Merupakan layanan internet yang dapat dipakai untuk mengirimkan data yang berukuran relative besar. Data tersebut dapat diunggah oleh server dan (client atau user ) di seluruh dunia dengan memanfatkan jaringan internet.
            FTP mempunyai URL yang berbeda dengan situs ( WWW ). Kalau, situs WWW menggunakan http, sedangkan FTP menggunakan ftp.


6.     Web Blog ( Blog )

            salah satu bentuk aplikasi web yang dimuat sebagai posting  paa sebuah halaman web umum. Pada umumnya, blog dibuat secara individu untuk kepentingan.
            Di blog anda dapat memberi komentar, menceritakan pengalaman/peristiwa,   tempat menyalurkan ilmu, curhat, dsb.


7.     Internet Fax

            Dipakai untuk mengirimkan facsimile, tanpa menggunakan mesin faksimile. Aplikasi untuk pengiriman internet dengn jaringan internet ini lebih mudah digunakan dan dengan biaya yang relative murah, sehingga sangat memberikan kemudahan bgi sekretaris untuk mengirimkan pesan faksimile dengan jumlah yang relative banyak.
            Contoh situs layanan ini yaitu scan R.com, dan freepopfax.com.



8.     Search Engine

            Layanan ini digunakan untuk mencari berbagai informasi yang dibutuhkan oleh para pengguna internet sesuai dengan kata kunci pencarian yang dimasukkan. Dengan layanan ini anda dapat mencari situs web, blog, berita, data, dan informasi lainnya. Dan dapat mencari informasi dalam bentuk gambar/foto.
            Situs yang menggunakan layanan ini yaitu : Google, Altavista, Yahoo, Excite, dan Lycos.


9.     Jejaring Sosial

            Merupakan sebuah web yang penggunanya membuat profil, mengundang/menerima teman untuk bergabung dalam situs tertentu, serta dapat chatting.
        Jenis jejaring sosial yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan saat ini yaitu : Facebook (www.facebook.com), Twitter (www.twitter.com), Kaskus (www.kaskus.com), dan Frindster ( www.frindster.com).

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Free Website templatesFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates